Minggu, 23 Desember 2012

EDDY BINTORO: Demi Pelanggan Siap Menerima Beragam Keluhan


 
SP/ARIFAN HASTIYANA
Eddie Bintoro
Pelanggan adalah kunci sukses untuk menjaga kelangsungan sebuah perusahaan. Sayang, tak semua pebisnis menyadari pentingnya hal itu. Akibatnya, konsumen atau pelanggan dipandang tak lebih sebagai pemakai jasa. Padahal, peran dan keberadaan mereka jauh lebih penting dari itu.

Untung saja,  Regional Corporate Officer and Regional Consumer Head Bank Danamon, Eddie Bintoro termasuk kelompok yang menyadari bahwa pelanggan merupakan aset terbesar bagi sebuah perusahaan. Karena tanpa mereka perusahaan tidak akan pernah ada.

Eddie menjelaskan, seringkali rutinitas menyebabkan seorang pengusaha luput dalam mengenali pelanggannya. “Secara tak sadar, tak jarang kita memandang pelanggan hanyalah orang yang membeli produk atau jasa kita saja,” katanya.

Bahkan tak jarang seorang pengusaha atau pebisnis tidak pernah menganggap pelanggan merupakan seorang yang sangat berarti bagi perusahaan yang dipimpinnya. “Padahal pelanggan merupakan aset yang harus kita hargai dan kita beri pelayanan semaksimal mungkin,” tandasnya mengingatkan.

Ia menjelaskan, dalam setiap pekerjaan yang dikerjakannya, akhirnya memberikan pengalaman bahwa baik seorang pengusaha dan pebisnis wajib menjaga aset utama dari usaha atau perusahaan yang dikelolanya. Apa lagi kalau bukan pelanggan?

“Sejak awal saya selalu menerapkan hal itu pad para pegawai saya, bahwa pelayanan merupakan hal utama untuk menjaga aset perusahaan. Karena sukses tidaknya kita menjalankan pekerjaan itu tergantung kepada mereka,” katanya.

Menurutnya, jika pengusaha atau pebisnis berhasil menjaga pelanggannya, maka secara tidak langsung produk perusahaan itu juga akan terjaga. Dengan kata lain, pelanggan adalah pembeli yang tidak tergantung pada produk, tetapi produk yang tergantung pada orang tersebut. Oleh karena pelanggan harus diberi pelayanan yang memuaskan. “Kita juga harus siap menerima berbagai keluhan mereka soal produk-produk yang kita jual kepada mereka. Jika tak siap menerima keluhan itu, maka pelanggan akan lari dan bisa dikatakan kita sudah gagal,” tegasnya.

Oleh karena itulah untuk memberikan pelayanan dan loyalitas kepada pelanggannya, Bank Danamon sebagai suatu perusahaan yang dipimpinnya akan mengundang nasabah Kartu Danamon Manchester United (MU) untuk bermain bola langsung bersama Andy Cole.

Dengan pelayanan seperti itu, tak heran jika saat ini Danamon telah memiliki lebih dari 140 ribu pemegang kartu kredit MU. “Danamon selalu berkomitmen memberikan pengalaman yang tak ternilai sebagai bagian dari upaya untuk mendekatkan nasabah kepada klub MU.” papar Eddie.
“Kami sangat senang melihat antusiasme fans MU di Indonesia. Dan kehadiran kartu ini, para fans mendapatkan pengalaman yang lebih dekat  ke klub favorit mereka yaitu MU,” pungkasnya. fan.


  SUMBER:http://www.surabayapost.co.id/?mnu=berita&act=view&id=2a8914fd82ddbcf1f2af6635967a8bfb&jenis=e4da3b7fbbce2345d7772b0674a318d5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar